Cari Blog Ini

LANGKAH-LANGKAH MEMECAHKAN KODE KRYPTOS BAGIAN K1



CIA memang terkenal dengan sifat konfidensial dan misteriusnya. Hal itu tentu berkaitan dengan tugas mereka di dalam menjaga rahasia negara ataupun dunia, mengingat AS adalah sebuah negara adikuasa. Itulah sebabnya tidak sembarangan orang diperbolehkan untuk memasuki area markas CIA. Namun bagaimana jika pecinta Kryptos yang berasal dari kalangan sipil ingin melihat instalasi buatan Sanborn ini secara langsung agar mampu melihat dan memecahkan teka-tekinya? Ternyata pihak CIA sudah mengatasi masalah itu dengan membuat bagian khusus mengenai Kryptos di website resmi mereka. Jadi para pecinta Kryptos akan mendapatkan informasi lengkap mengenai monumen yang berdiri di luar bangunan cafetaria CIA ini, baik hanya untuk sekedar mengenal Kryptos ataupun ingin turut menjadi bagian dari orang-orang yang mencoba untuk memecahkan misteri Kryptos.


Saya akan menunjukkan kepada Anda metode deskripsi kode rahasia Kryptos secara bagian per bagian sebagai "pemanasan" ataupunq gambaran apabila Anda ingin memecahkan kode Kryptos secara keseluruhan. Namun sebelumnya saya ingin mengingatkan satu hal penting bagi Anda yang berminat untuk memecahkan kode rahasia Kryptos: Jangan pernah terlalu serius untuk menghabiskan waktu Anda yang sangat berharga hanya demi memecahkan kode Kryptos! Anggap saja ini hanyalah sebuah intermezzo. Saya pernah mendapatkan suatu informasi bahwa ada seseorang yang rela meninggalkan bisnis dan pekerjaannya hanya untuk menghabiskan hari-harinya berkutat dengan kode rahasia Kryptos. Memang hal itu adalah pilihan, namun pikirkan pula tanggung jawab Anda di dalam kehidupan Anda! Saya tidak pernah berharap hal seperti itu terjadi pada kita semua, karena masih banyak hal penting di dunia ini yang bisa kita kerjakan dan hasilnya setimpal dengan jerih payah kita. Intinya, selalu gunakan akal sehat Anda dan berpikirlah dengan bijak ketika melakukan suatu hal!


Kali ini saya akan membagikan cara untuk memecahkan Kryptos bagian K1. Siapkan terlebih dahulu alat tulis dan kertas Anda, ataupun menggunakan software tertentu untuk membuat tabel yang akan membantu kita mendeskripsikan pesan K1. Saya akan membagikan caranya secara rinci dengan ilustrasi sederhana yang mudah-mudahan dapat dipahami oleh Anda.




Sebelum kita mulai, Anda perlu tahu terlebih dahulu bahwa monumen Kryptos terdiri atas dua bagian, yaitu kiri dan kanan. Bagian kiri berisi empat bagian kode rahasia Kryptos (K1, K2, K3 dan K4), sedangkan bagian kanan hanya berisi tabel Vigenere buatan Sanborn. Tapi jangan anggap remeh dulu sisi bagian kanan Kryptos, sebab tabel itu juga akan menjadi kunci pemecahan Kryptos. Ingat pula bahwa Sanborn pernah mengatakan bahwa di barisan tabel Vigenere terdapat karakter "L" ekstra yang diakuinya tercetak dengan tidak disengaja. Jangan dulu dipercaya, karena bisa jadi itu sebuah petunjuk dari Sanborn!


Ingatkah Anda bahwa Sanborn pernah berkata jika seluruh bagian dari instalasi Kryptos merupakan bagian dari teka-teki itu sendiri dan saling berhubungan satu sama lainnya? Ketika Anda sedang memecahkan bagian K1 ini, Anda bisa mengakui bahwa itu benar. Tabel Vigenere yang ada di sisi kanan Kryptos mengacu kepada metode yang digunakan untuk memecahkan bagian K1 ini. Jadi secara otomatis, dengan berpegang pada tabel tersebut,maka kita akan dapatkan kata KRYPTOS sebagai kata kunci bagian mendatar. Lalu bagaimana untuk kata kunci bagian menurunnya? Kita sudah mengikuti metode 26 abjad seperti di tabel, namun sepertinya tidak berhasil. Itu artinya kita harus meletakkan jutaan atau bahkan milyaran kemungkinan untuk satu kata bahasa inggris sebagai kata kunci bagian vertikalnya. Tapi ternyata kali ini kita dapat membuktikan kembali bahwa pernyataan Sanborn tadi memang benar adanya. Lihat saja pada bentuk monumen Kryptos yang secara jelas menyerupai sebuah gulungan, layaknya gulungan naskah kuno yang di dalam bahasa inggris disebut "palimpsest". Ya, kata kunci vertikalnya ialah PALIMPSEST. Kita sudah dapatkan 2 kata kunci: "KRYPTOS" sebagai kata kunci horizontal dan "PALIMPSEST" sebagai kata kunci vertikal. Berikut langkah-langkah pemecahannya:


Langkah 1 :
Gambarlah kedua kata kunci tadi dengan posisi seperti berikut:

cara memecahkan kryptos k1-1


Langkah 2 :
Setelah itu tulislah berturut-turut alfabet Latin mulai dari "A" seperti biasa. Namun berhentilah sejenak di huruf "J".


cara memecahkan kryptos k1-2

Langkah 3 :
Lihatlah pola tabel milik Sanborn! Kita akan menggunakan pola sejenis. Karena huruf "K" telah terdapat di kata "KRYPTOS" yang berada di depan tabel, maka setelah huruf "J" kita akan langsung meloncat ke huruf "L".

cara memecahkan kryptos k1-3


Langkah 4 :
Teruskan menulis hingga ke huruf "N". Berhenti sejenak agar tidak keliru. Setelah huruf "N" kita akan langsung meloncat ke huruf "Q", karena huruf "O" dan "P" terdapat di kata "KRYPTOS" juga.

cara memecahkan kryptos k1-4


cara memecahkan kryptos k1-5


Langkah 5 :
Lanjutkan dengan terus mengikuti pola. Ingat pula bahwa huruf "S", "T" dan "Y" juga termasuk bagian dari kata "KRYPTOS" juga!

cara memecahkan kryptos k1-6
Langkah 6 :
Buatlah garis-garis untuk menegaskan tabel kita! Tuliskan pula huruf-huruf di dalam kotak sesuai pola.

cara memecahkan kryptos k1-7
Langkah 7 :
Ikuti terus polanya! Setelah huruf "Z" adalah "K-R-Y-P-T-O-S" lagi:


cara memecahkan kryptos k1-8
Langkah 8 :
Berikut hasil tabelnya setelah seluruhnya diisi huruf sesuai pola :

cara memecahkan kryptos k1-9

Langkah 9 :
Beri nomor di samping masing-masing huruf untuk kata kunci vertikal! Langkah ini hanya untuk membantu saja agar meminimalisir kekeliruan, jadi boleh saja diabaikan.

cara memecahkan kryptos k1-10
Langkah 10 :
Tabel kita sudah selesai! Ingatlah isi dari K1:

EMUPFHZLRFAXYUSDJKZLDKRNSHGNFIVJ
YQTQUXQBQVYUVLLTREVJYQTMKYRDMFD

Yang termasuk isi dari K1 hanyalah kedua baris itu saja, karena bagian selanjutnya tidak dapat dipecahkan dengan kata kunci yang kita gunakan sekarang.



Langkah 11 :
Sekarang kita akan mulai mendeskripsikan kode di atas.
Huruf pertama adalah "E". Itu artinya di baris no.1, carilah huruf "E"! :

cara memecahkan kryptos k1-11
Langkah 12 :
Setelah ditelusuri, ternyata huruf "E" berada di kolom "B". Itu artinya kita sudah mendapatkan huruf hasil deskripsi pertama kita, yaitu "B"! Lanjutkan ke huruf ke-2, yaitu "M". Telusuri baris no. 2 (huruf "A" pada "PALIMPSEST"), lalu carilah letak huruf "M". Kita akan dapatkan huruf "E" sebagai hasil deskripsi ke-2 kita.Lanjutkan terus langkah-langkahnya. Untuk huruf ke-11, kembali lagi ke baris no.1 lagi. Begitu pula untuk seterusnya. Yang penting ikuti baris sesuai huruf kode dengan berurutan, hingga seluruh huruf di pesan kode K1 berhasil anda konversikan menjadi teks yang mampu dibaca dan bermakna. Untuk "contekan", Anda bisa melihat hasil deskripsi K1 di postingan saya sebelumnya di sini!


Perhatikan kesalahan huruf "Q" pada kata "IQLUSION"! Sepertinya ia mengacu kepada huruf "Q" pada bagian akhir pesan deskripsi K3, atau mungkin juga petunjuk yang lain.

(Referensi: wikipedia.com; austininc.com)

(Silahkan tinggalkan komentar Anda. Terimakasih telah mengunjungi blog saya.)

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "LANGKAH-LANGKAH MEMECAHKAN KODE KRYPTOS BAGIAN K1"

Posting Komentar