Cari Blog Ini

ILUSTRASI MANUSKRIP VOYNICH : BATAS TIPIS ANTARA MAYA DAN REALITA

Dari total 240 halaman Manuskrip Voynich, sebanyak 220 halamannya memiliki ilustrasi maupun diagram. Dari berbagai ilustrasi ini, hanya sedikit yang mampu diidentifikasi. Sisanya sukar dikenali, dan bahkan memiliki artian berbeda sesuai interpretasi dari orang-orang yang melihatnya. Gaya pakaian dan tatanan rambut orang-orang yang digambarkan di Manuskrip Voynich seperti gaya kebanyakan orang Eropa pada periode tahun 1450-1520. Hal ini tentu selaras dengan hasil tes penanggalan karbon.


fashion in voynich ms
Gaya berbusana ilustrasi orang yang terdapat dalam Manuskrip Voynich serupa dengan fashion abad ke-15.


hairstyle in voynich ms
Tatanan rambut wanita pada ilustrasi Manuskrip Voynich sama seperti gaya rambut para wanita pada era Renaissance.




Kehadiran gambar-gambar wanita tanpa busana yang sedang berendam di bak atau cekungan besar berisi cairan hijau menggugurkan dugaan bahwa buku ini berisi hal-hal mengenai fashion. Gambar para wanita tanpa busana itu terdapat pada Bab Biologi (kadang juga disebut Bab Balneologi). Ilustrasi semacam itu seringkali terdapat pada buku pegangan para alchemist, sehingga tidak heran jika beberapa orang mengaitkan Manuskrip Voynich dengan Roger Bacon sebagai penulisnya.


roger bacon
Roger Bacon, alchemist ternama abad ke-13 yang diduga sebagai penulis Manuskrip Voynich. Namun ia hidup di masa yang tidak kompatibel dengan hasil penanggalan karbon.



Di dalam Manuskrip Voynich juga terdapat gambar wanita berambut pirang. Hal ini membuat beberapa orang mencari tahu tempat pembuatan Manuskrip Voynich dengan mengaitkan temuan tersebut dengan ras tertentu. Namun hal ini juga tidak dapat mengungkap asal-usul Manuskrip Voynich, sebab karakter dan konten lain di dalam manuskrip ini tidak kompatibel dengan daerah asal ras yang dimaksud.


blondie in Voynich manuscript
Gambar yang terdapat pada bab Biologi. Terlihat salah satu wanita memiliki rambut yang berwarna pirang kekuningan.



Pada bab Astronomi dan Kosmologi terdapat gambar-gambar yang sangat mudah diidentifikasi, karena ilustrasi zodiak yang ada padanya serupa dengan simbol zodiak yang kita kenal sekarang. Sayangnya, gambar yang mampu diidentifikasi itu hanya terdapat sedikit saja di Manuskrip Voynich.


sagittarius in voynich manuscript
Gambar untuk zodiak Sagitarius dan Libra di dalam Manuskrip Voynich.



Pada bab Herbal, ada beberapa jenis tumbuhan yang sepertinya mudah dikenali. Contohnya Bunga Pansy Liar(Wild Pansy) dan Suplir Postar Jambul(Curly Maidenhair Fern). Namun beberapa ilustrasi tumbuhan lainnya terlihat unik dan aneh seperti layaknya tanaman yang hanya terdapat di dalam khayalan saja.


pansy in VM
Ilustrasi tanaman yang diduga sebagai bunga Pansy Liar.


Saya menemukan sebuah blog menarik yang salah satu artikelnya mengulas tentang dugaan para ahi mengenai identifikasi tumbuhan di Manuskrip Voynich. Artikelnya bisa Anda baca di sini. Selain itu masih banyak artikel lainnya di blog tersebut yang mengulas hal-hal menarik mengenai Manuskrip Voynich.



(referensi: wikipedia.com; ellievelinska.blogspot.com)


(silahkan tinggalkan komentar Anda. Terimakasih sudah mengunjungi blog saya.)

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "ILUSTRASI MANUSKRIP VOYNICH : BATAS TIPIS ANTARA MAYA DAN REALITA"

Posting Komentar