Cari Blog Ini

LANGKAH-LANGKAH MEMECAHKAN KODE KRYPTOS BAGIAN K2

Untuk melihat isi dari kode rahasia K2, silahkan lihat di postingan saya sebelumnya di sini.


Langkah-langkahnya sama dengan langkah-langkah memecahkan kode Kryptos bagian K1, hanya saja kunci vertikalnya kali ini adalah "ABSCISSA". Buat Anda yang kuliah di jurusan matematika pasti sudah akrab dengan istilah "abscissa" atau "absis" ini. Jika Anda masih belum tahu apa arti "abscissa", silahkan Anda lihat definisinya di laman wikipedia bahasa Indonesia dengan mengetik "absis". Sangat penting bagi Anda mengetahui arti dari tiap kata kunci karena mungkin dapat berguna untuk memecahkan kode Kryptos bagian selanjutnya.


Tabel kali ini akan diawali dengan penyusunan kata kunci seperti ini :

K R Y P T O S
A
B
S
C
I
S
S
A

Langkah selanjutnya sama saja seperti langkah-langkah memecahkan kode Kryptos bagian K1.


Untuk hasil deskripsi K2 beserta terjemahan bahasa Indonesianya, bisa Anda lihat di sini.



Hasil deskripsi bagian K2 ini sepertinya menunjukkan tentang sesuatu yang telah dikubur oleh Sanborn ketika ia mengerjakan instalasi Kryptos dahulu di wilayah markas CIA. Hal ini ditegaskan dengan pernyataan Sanborn di dalam suatu wawancara,"Di dalam bagian Kryptos yang telah terpecahkan (K1,K2 dan K3) saya menyiratkan akan suatu hal dan lokasi yang ada di tanah markas CIA. Jadi demi mencari tahu tempat itu, Anda harus memecahkan bagian-bagiannya (kode Kryptos), dan kemudian pergilah ke Agensi( markas CIA) untuk menemukan tempat itu."



Perhatikan juga kesalahan huruf "U" pada kata "UNDERGRUUND". Kata yang benar seharusnya adalah "UNDERGROUND". Sepertinya ini juga mengacu kepada sebuah petunjuk.


Kata "ID BY ROW_S" juga merupakan petunjuk untuk K3 yang akan dimulai dari huruf "S" dengan menggunakan metode transposisi angka.


Titik koordinat yang disebutkan pada bagian ini merupakan sebuah lokasi di dalam markas CIA yang berjarak sekitar 150 kaki dari monumen Kryptos.


(referensi: wired.com)

(Silahkan tinggalkan komentar Anda. Terimakasin telah mengunjungi blog saya.)

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "LANGKAH-LANGKAH MEMECAHKAN KODE KRYPTOS BAGIAN K2"

Posting Komentar