Cari Blog Ini

BENARKAH KELUARGA MCPHERSON MENGHILANG KARENA DICULIK OLEH ALIEN?



Apakah alien itu benar-benar ada dan nyata, ataukah ia hanya sebuah sesosok karakter fiksi khayalan yang dibuat berdasarkan imajinasi manusia semata? Dari dulu hingga sekarang pertanyaan semacam itu masih menjadi sebuah misteri dan fenomena yang sering diperdebatkan di seluruh dunia.


Alien (atau makhluk asing dari luar bumi) memang selama ini dipercaya sebagai makhluk hidup yang tidak berasal dari bumi. Mereka digambarkan memiliki ciri-ciri yang bervariasi, namun paling sering digambarkan sebagai sosok makhluk abu-abu berkepala besar dan mengunjungi planet-planet lain untuk meneliti berbagai hal. Salah satunya dengan cara menculik manusia untuk menjadi objek penelitian mereka. Memang untuk seorang skeptis keterangan tadi tidak lebih hanya merupakan penggambaran dari sosok karakter fiksi yang-- baik sengaja ataupun tidak sengaja-- dibuat demi alasan tertentu. Akan tetapi ada banyak laporan yang mengaku bahwa mereka pernah melihat, bertemu dan bahkan pernah diculik oleh makhluk asing tersebut. Namun interaksinya dengan kehidupan manusia sampai saat ini memang tidak-- atau mungkin belum-- memiliki bukti yang cukup kuat.


Baca juga : PELUNCURAN APOLLO 20 SERTA PENEMUAN KOTA DAN ALIEN DI BULAN ADALAH HOAX!


Dari sekian banyaknya bukti rekaman penampakan alien dan UFO, ada sebuah video yang menjadi legenda masyarakat yang populer di internet. Video itu berjudul : "Tape McPherson".



Video tersebut berisi rekaman sebuah keluarga yang diteror oleh sesosok makhluk asing yang mendatangi rumah mereka. Akan tetapi fakta sebenarnya ialah video tersebut hanyalah merupakan potongan adegan film yang dibuat pada awal tahun 90-an. Dan yang menjadi pertanyaan ialah mengapa potongan film fiksi ini dijadikan bukti bahwa alien pernah berinteraksi dengan manusia dan menjadi legenda masyarakat yang populer dan masih bertahan hingga sekarang?



Film tersebut sebenarnya berjudul "UFO Abduction", yang mulai digarap oleh sutradara muda bernama Dean Alioto pada tahun 1989, dengan anggaran dana yang sangat kecil, yaitu sekitar $6500.

Dean Alioto.


Film ini merupakan film pertama yang diciptakan Dean Alioto. Pengambilan gambarnya menggunakan teknik found footage, dimana gambarnya terlihat seolah seperti kejadian nyata. Gambar buram dan kamera berguncang karena dipegang oleh sang aktor menjadi ciri dari teknik pengambilan gambar semacam itu. Film-film yang menggunakan teknik tersebut diantaranya ialah Paranormal Activity, The Cronicle, The Blair Witch Project, dan masih banyak lagi. Untuk mengetahui lebih dalam lagi mengenai apa itu teknik found footage bisa kalian googling sendiri.



Awal dari film UFO Abduction ini memperlihatkan adegan keluarga Van Hasees yang berkumpul untuk merayakan pesta ulang tahun ke-5 putri kecil keluarga mereka yang bernama Michelle.

Setelah beberapa saat listrik rumah mereka padam. Beberapa lelaki dari keluarga Van Hasees keluar untuk memeriksa apa yang terjadi dengan listrik mereka. Ketika sedang memeriksa itulah terlihat kilatan cahaya merah terang melesat di langit menuju ke arah hutan di dekat tempat itu. Para pria tersebut dan aktor yang memegang kamera keluar untuk memeriksa apa yang terjadi di sana. Mereka dikejutkan oleh sebuah pesawat aneh yang mendarat di situ dan beberapa alien abu-abu nampak berada di sekitar pesawat itu. Naasnya kehadiran mereka ternyata disadari oleh para makhluk asing tersebut, sehingga mereka berlarian menuju ke rumah mereka, menutup pintu dan memegang senjata. Kedatangan makhluk asing itu membuat keluarga Van Hasees berjuang mati-matian untuk menyelamatkan diri mereka dari ancaman teror sekelompok alien abu-abu tersebut.




Sepanjang adegan dari film tersebut menampakkan akting dari para pemain yang terlihat nyata. Mereka terus mengeluarkan perkataan, teriakan dan umpatan, yang nampak bahwa dialog mereka sepertinya tidak menggunakan naskah, melainkan hanyalah improvisasi dari para aktor itu sendiri. Alioto sendiri turut bagian sebagai Michael yang memegang kamera selama proses syuting berlangsung.



Sayangnya, film tersebut diproduksi dengan sangat terbatas dan gudang distribusi film yang terbakar membuat kerugian besar bagi perusahaan. Cetakan utama film ini ikut hilang karena peristiwa itu dan salinannya pun sulit ditemukan. Pada tahun 1992 kemudian orang - orang iseng mulai membagikan salinan bajakan dari film ini. Akan tetapi judulnya mereka ubah menjadi "Tape McPherson", dan dipercaya sebagai kejadian nyata dari keluarga McPherson. Adegan awal sampai akhir dari film inipun dipotong, sehingga membuat orang yang menontonnya menganggap bahwa video itu adalah bukti rekaman serangan alien yang nyata dan asli. Ditunjang lagi dengan teknik kamera found footage yang masih asing pada saat itu, hingga akhirnya film "The Blair Witch Project", yang diproduksi pada tahun 1999, yang ambil bagian dalam mempopulerkan teknik kamera tersebut. Karena banyak yang percaya kalau video tersebut merupakan bukti kredibel terkait kehidupan di luar angkasa, akhirnya sang pencipta film UFO Abduction muncul untuk membuktikan kalau video Tape Mcpherson merupakan sebuah potongan film yang ia buat. Ia juga turut memperlihatkan bukti-bukti foto ketika adegan-adegan film tersebut diproduksi, serta turut pula ia memperlihatkan blue print dari kendaraan luar angkasa yang muncul pada rekaman tersebut.





Dean Alioto dengan latar belakang kendaraan alien yang masih dirangkai. Model kendaraan tersebut digunakan di dalam proses syuting film tersebut.



Setelah beberapa tahun kemudian film ini mulai di-remake dengan anggaran dana yang lebih besar dengan judul yang baru, yakni : "Alien Abduction : Incident in Lake County". Namun film ini tidak begitu terlihat alami, terutama di bagian dialognya. bahkan remake film ini malah dibanjiri kritikan dan juga menimbulkan banyak kebingungan. Banyak yang beranggapan bahwa film hasil remake ini sengaja dibuat untuk mengaburkan keaslian rekaman Tape McPherson. Malah ada yang meyakini jika rekaman aslinya telah dihapus.


Ternyata tidak sedikit orang yang percaya kalau versi lama film tersebut benar-benar merupakan rekaman asli penculikan alien. Hingga sekarang spekulasi mengenai keaslian video tersebut masih saja bergulir. Dibumbui pula dengan berbagai hal yang membuat orang-orang ragu apakah memang benar video tersebut memang nyata ataukah hanya sekedar hasil karya Alioto semata.



Beberapa yang percaya meyakini jika lengan alien di video tersebut yang kurus dan panjang merupakan sosok yang tidak mungkin diperankan oleh seorang aktor. Bahkan ada yang memeriksa video itu secara frame to frame untuk melihat adegan ketika wajah alien menatap langsung ke arah kamera, serta meyakini jika ekspresi alien tersebut bukanlah ekspresi dari topeng. Sebab menurutnya kedipan mata besar alien tersebut jauh dari kesan kaku.




Salah seorang peneliti UFO, Letkol (Purn) Donald Ware, meyakini jika video tersebut nyata. Dia lantas berbicara mengenai pendapatnya atas video tersebut.



"Aku telah mempelajari UFO selama 42 tahun dan telah (berhasil) mendapatkan rekaman yang bagus. Kurasa ini tidaklah terlihat seperti (film) hasil produksi yang telah diatur sedemikian rupa. Setiap orang (di video) terlihat berbicara di dalam waktu yang bersamaan, sehingga kau tidak akan mampu menangkap dengan jelas setengah bagian dari apa yang mereka bicarakan. Orang-orang yang tersorot kamera terlihat begitu menjiwai (perannya). Jika (memang benar) bahwa mereka hanyalah sekedar aktor, maka mereka akan mendapatkan (penghargaan) Oscar ataupun Emmy."




Lain halnya dengan para skeptis. Mereka meyakini jika video tersebut memanglah bukan kejadian yang sesungguhnya. Beberapa orang menilai jika kostum yang digunakan para alien terlihat tidak realistis. Bahkan ada yang mengatakan jika pemeran putra tertua dan termuda keluarga Van Hasees adalah aktor yang sama yang membintangi film Stargate. Begitu pula dengan pergeseran kamera yang terlihat melembut dan perlahan menyorot bagian lantai ketika salah satu adegan para lelaki keluarga tersebut lari dari kejaran alien. Lagipula para pemain film tersebut terdaftar namanya di situs Imdb, termasuk para pemeran alien yang ternyata adalah para gadis kecil.


Alioto pun menyatakan jika salah satu pemeran film tersebut, yakni Tommy Giavocchini, masih berhubungan baik dengannya dan pernah bertemu dengannya pasca film tersebut selesai diproduksi. Ia mengatakan bahwa aktor tersebut sekarang masih menjalani karirnya sebagai pemain film. Ia menyatakan bahwa film tersebut hanya dibuatnya dalam satu malam, dengan metode sekali jalan. Yaitu tanpa adanya proses cutting atau pemotongan. Sehingga rekaman yang terjadi adalah real time. Tentu saja selain dibutuhkan akting para aktor yang apik, hal tersebut juga ditunjang oleh adanya faktor keberuntungan.




Namun sekali lagi, terlepas dari pengakuan Alioto. Ternyata rekaman tersebut masih menjadi ladang subur bagi pihak-pihak yang ingin menggunakan kesempatan untuk unjuk bagian. Di tengah polemik yang ada mengenai keaslian video tersebut, beberapa tahun setelah video tersebut heboh di kalangan publik, sebuah TV Jepang mengklaim bahwa mereka melakukan penelusuran atas kasus tersebut. Mereka menyatakan telah berhasil menemukan salah satu dari anggota keluarga McPherson yang masih bertahan hidup hingga sekarang dan tinggal di Los Angeles, Amerika Serikat. Di dalam investigasinya, pihak televisi tersebut menyatakan bahwa mereka berhasil meminta izin mewawancarai sang gadis kecil yang berulang tahun di dalam video tersebut, yang sekarang telah beranjak dewasa. Dengan bantuan penerjemah bahasa Jepang, mereka mewawancarai wanita tersebut, dimana ia mengatakan sesuatu yang mencengangkan. Yakni ia berkata jika rekaman itu sepenuhnya nyata, dan hanya ialah satu-satunya anggota keluarga tersebut yang berhasil melarikan diri dan pergi bersembunyi. Tentu saja pernyataannya menuai banyak pendapat dan mengaburkan fakta yang sebenarnya atas video tersebut. Pihak skeptis dan yang percaya bahwa video tersebut hanyalah sekedar rekaman film tetap mempertahankan opini mereka masing-masing. Ada pula yang menuding gadis tersebut sengaja dibayar oleh pihak TV untuk membuat sensasi atas video tersebut.



Entah yang mana yang benar hanya Tuhan yang tahu kebenaran pastinya. Hanya saja Anda sendiri yang pernah menyaksikan video tersebut akan memiliki penilaian dan opini tersendiri.




Referensi :
http://foundfootagecritic.com/
https://www.strangerdimensions.com/
https://rationalwiki.org/
dan dari berbagai sumber

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "BENARKAH KELUARGA MCPHERSON MENGHILANG KARENA DICULIK OLEH ALIEN?"