Cari Blog Ini

SERBA-SERBI DAN ISI KRYPTOS BAGIAN 3 ( K3)


Kali ini langsung saja saya tuliskan bagian isi dari Kryptos bagian 3 (K3):


ENDyaHrONHLSRHEOCPTEOIBIDYSHNAIA
CHTREYULDSLLSLLNOHSMRWXMNE
TPRNGATIHNRARPESLNNELEBLPIIACAE
WMTWNDITEENRAHCTENEUDRETNHAEOE
TFOLSEDTIWENHAEIOYTEYQHEENCTAYCR
EIFTBRSPAMHHEWENATAMATEGYEERLB
TEEFOASFIOTUETUAEOTOARMAEERTNRTI
BSEDDNIAAHTTMSTEWPIEROAGRIEWFEB
AECTDDHILCEIHSITEGOEAOSDDRYDLORIT
RKLMLEHAGTDHARDPNEOHMGFMFEUHE
ECDMRIPFEIMEHNLSSTTRTVDOHW?



Huruf-huruf kecil yang bercetak tebal merupakan satu-satunya superscript yang ada pada layar monumen Kryptos. Hanya terdapat satu buah tanda tanya di bagian ini. Untuk mendeskripsikannya, kali ini metode yang digunakan berbeda dengan dua bagian sebelumnya. Metode transposisi angka, khususnya transposition route digunakan di dalam proses deskripsi pesan ini. Jadi dengan kata lain, huruf-huruf yang ada tidaklah diubah bentuknya, melainkan hanya diatur susunannya sedemikian rupa sesuai dengan kata kunci "kryptos" . Berikut hasil deskripsinya:

SLOWLYDESPARATLYSLOWLYTHEREMAINSOFPASSAGEDEBRISTHATENCUMBEREDTHELOWERPARTOFTHEDOORWAYWASREMOVEDWITHTREMBLINGHANDSIMADEATINYBREACHINTHEUPPERLEFTHANDCORNERANDTHENWIDENINGTHEHOLEALITTLEIINSERTEDTHECANDLEANDPEEREDINTHEHOTAIRESCAPINGFROMTHECHAMBERCAUSEDTHEFLAMETOFLICKERBUTPRESENTLYDETAILSOFROOMWITHINEMERGEDFROMTHEMISTXCANYOUSEEANYTHINGQ?


Setelah mendapatkan tekanan akan menjadi:

Slowly,desparAtly slowly, the remains of passage debris that encumbered the lower part of the doorway was removed. With trembling hands I made a tiny breach in the upper left hand corner and then widening the hole a little. I inserted the candle and peered in. The hot air escaping from the chamber caused the flame to flicker. But presently, details of room within emerged from the mist x. Can you see anything Q?


Isi dari pesan K3 ini merupakan kutipan dari buku Howard Carter yang berjudul "The Tomb of Tutankhamun", yang merupakan catatan perjalanannya bersama Lord Carnavorn di dalam menemukan makam raja Mesir kuno, Tutankhamun, pada tahun 1922. Bagian pertanyaan di akhir kalimat merupakan pertanyaan Lord Carnavorn kepada Carter, yang di dalam buku dijawab oleh Carter : "Wonderful things"(hal-hal yang menakjubkan). Namun di dalam catatan lapangan Carter tertanggal 26 November 1922, pertanyaan Carnavorn dijawab Carter: "Yes, it is wonderful."(Ya, Ini menakjubkan).


Bagian huruf yang bercetak tebal merupakan kesalahan huruf pada bagian K3 ini. Kata "despAratly" harusnya tertulis "desperately". Perlu diingat juga kesalahan yang sama terjadi pada bagian K1 dan K2,yakni kata "iQlusion" dan "undergrUund". Pastilah ini bukan suatu kesalahan yang tidak disengaja, karena sudah hampir pasti ini adalah salah satu petunjuk tersembunyi. Huruf "Q" pada akhir bagian K3 ini juga kemungkinan memiliki relevansi dengan huruf "Q" pada bagian K1.


Kesalahan-kesalahan Sanborn, baik yang diakuinya disengaja maupun tidak, sepertinya merupakan pintu masuk untuk menyingkap rahasia Kryptos. Contohnya saja ketika Sanborn mengakui bahwa kalimat penutup K2 yang berbunyi "WESTIDBYROWS" merupakan suatu kesalahan yang dibuatnya, karena kata yang benar adalah "WESTXLAYERTWO". Ada beberapa orang yang menyadari jika "kesalahan" itu memiliki arti untuk mengungkap isi K3 ini. Kata WEST ID BY ROW_S merupakan arahan tidak langsung dari Sanborn bahwa K3 yang dideskripsikan menggunakan metode transposisi angka ini akan diawali dengan huruf "S" satu-satunya yang berada di ujung barisan paling kanan setelah disusun dengan susunan tertentu. Untuk cara lengkapnya, Anda bisa melihat di website Elonka Dunin di sini.


Intinya, jangan mudah percaya dahulu jika Sanborn mengatakan bahwa ia telah melakukan kesalahan. Bisa jadi itu adalah kesengajaan Sanborn untuk memberikan petunjuk secara tersirat. Selain itu bila Sanborn mengarahkan opini publik kepada suatu hal yang berhubungan dengan petunjuk yang telah diberikannya, bisa saja hal itu hanya untuk mengalihkan Anda pada petunjuk yang sebenarnya.


(referensi: wikipedia.com; elonka.com)


(Silahkan tinggalkan komentar Anda. Terimakasih telah berkunjung ke blog saya.)

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "SERBA-SERBI DAN ISI KRYPTOS BAGIAN 3 ( K3)"

Posting Komentar